'/> Kedudukan Pembelajaran Menulis Teks Pidato

Info Populer 2022

Kedudukan Pembelajaran Menulis Teks Pidato

Kedudukan Pembelajaran Menulis Teks Pidato
Kedudukan Pembelajaran Menulis Teks Pidato
Kedudukan Pembelajaran Menulis Teks Pidato - Kedudukan Pembelajaran Menulis Teks Pidato dengan Menggunakan Metode Kolaborasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan atau disingkat KTSP, yang dikembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, potensi sekolah/ daerah, karakteristik sekolah/ daerah, sosial budaya masyarakat setempat, dan karakteristik penerima didik. KTSP merupakan upaya untuk menyempurnakan kurikulum semoga lebih familiar dengan guru, sebab mereka banyak dilibatkan dan dibutuhkan mempunyai tanggung jawab yang memadai.

Definisi KTSP dalam Mulyasa (2008:12) ialah kurikulum operasional yang disusun, dikembangkan, dan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan yang sudah siap dan bisa mengembangkannya dengan memperhatikan Undang-Undang No. 12 Tahun 2003 ihwal Sistem Pendidikan Nasional pasal 36.

Secara umum tujuan diterapkannya KTSP berdasarkan Mulyasa (2008:22) yaitu untuk memandirikan dan memberdayakan satuan pendidikan melalui proteksi kewenangan (otonomi) kepada forum pendidikan dan mendorong sekolah untuk melaksanakan pengambilan keputusan secara partisipatif dalam pengembangan kurikulum.

Pembelajaran keterampilan berbahasa intinya merupakan upaya meningkatkan kemampuan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Dalam pelaksanaannya, keempat keterampilan itu harus mendapat kedudukan pembelajaran yang seimbang dalam konteks yang dialami. Mengingat fungsi utama bahasa sebagai alat komunikasi, maka proses pembelajaran berbahasa itu harus diarahkan pada tercapainya keterampilan berkomunikasi, baik secara mulut maupun tertulis, baik secara pemahaman maupun penggunaan.

Di samping keterampilan berbahasa, pengajaran bahasa Indonesia juga mencakup pembelajaran sastra. Pembelajaran sastra mempunyai dua macam yaitu sebagai materi pembelajaran di satu sisi dan sebagai sarana peningkatan kemampuan berbahasa di sisi lain, perbandingan bobot dan sastra sebaiknya seimbang dan sanggup disajikan secara terpadu. Menulis teks pidato ialah salah satu acara berbahasa yang dilakukan dalam komunikasi tertulis. Pembelajaran menulis teks pidato merupakan acara dari pembelajaran berbahasa. Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dengan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar di dalam bahasa mulut maupun tulisan.

Sehubungan dengan hal di atas, kedudukan pembelajaran menulis teks pidato dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), terdapat dalam aspek kemampuan berbahasa, pada keterampilan menulis, dengan standar kompetensinya: mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato.
Advertisement

Iklan Sidebar